10 Cara Sederhana Untuk Mendapatkan " MAAF"


Untuk meminta maaf sangatlah susah. Namun selalu ada jalan keluar untuk setiap permasalahan. Rencanakan dengan matang sebuah aktivitas atau sebuh proses. Selalu bertanyalah kepada orang untuk setiap hal yang dimenegerti. Nah berikut adalah cara  untuk meminta maaf dari penulis untuk Aga-Agan Yang Caem dan baik Hati :


1. Berdoa Sebelum Mengutarakan Niat Meminta Maaf
Berdoa adalah sesuatu yang bagi kita yang percaya akan kekuasaan tuhan. Dengan berdoa hati kita lebih mantap dan lebih siap menerima segala kemungkinan.

2. Meminta Maaflah  Kepada Tuhan 
Sebelum meminta maaf kepada orang, alangkah baiknya meminta maaf ke Tuhan, agar kita bisa memaafkan diri dan menyakinkan diri mampu menghadapai segala kemungkinan. " Tuhan Saja Memaafkan Hambanya ", apalagi ciptaannya. 

3. Gunakan Kata Pembuka Yang Baik Saat Memulai Pembicaraan Permohonan Maaf.
Misalnya: Mengucap salam, menanyakan kabar, selebihnya kreatif anda. Tujuannya agar membuat orang tersebut lunak dan memuluskan proses permintaan maaf anda.

4. Bicarakan Sebab Anda Melakukan Kesalahan
Ceritakan masalah yang anda hadapi yang membuat anda bisa melakukan kesalahan.. Jangan takut mengungkapkan permasalahan yang Anda hadapi. Jika ia tahu masalah yang Anda hadapi dan ternyata Anda berbuat kesalahan, mungkin orang lain akan bisa memahami dan Anda harus bisa menjelaskan perbuatan/kesalahan Anda tersebut pada orang itu.

5. Akui Kesalahan Anda
Dengan mengakui kesalahan yang anda perbuat menandakan anda adalah orang yang bertanggunjawab. Jangan takut atau malu mengakui kesalahan yang Anda perbuat. Berani mengakui kekuarangan dan kesalahan adalah ciri orang berjiwa besar.

6. Mau berubah dan Konsekuen
Katakan pada orang tersebut, bahwa anda akan berusaha berubah dan tentunya dengan bantuan orang tersebut. Katakan padanya bahwa anda butuh Dia untuk menjadi lebih baik. Jika setelah meminta maaf Anda tetap mengerjakan pekerjaan yang merugikan atau menyakitkan hatinya, tentu permohonan maaf Anda tak akan berarti apa-apa.

7. Mintalah Saran
Untuk membuat Dia merasa dihargai dan dibutuhkan, mintalah saran dari dia untuk anda tidak melakukan hal serupa.

8. Menyenangkan hatinya
Usai meminta maaf, lengkapi komunikasi dengan mengerjakan hal-hal yang dapat menyenangkan hatinya. Dan kalau perlu berikan perhatian yang lebih dari biasanya.

9. Siap menerima kritik
Jangan sekali-kali merasa apa yang Anda lakukan selalu benar. Berbesar hati untuk menerima pendapat atau kritik adalah salah satu cara untuk meminimalisir kesalahpahaman.

10. Settinglah Permohonan Maaf Anda
Hal ini menuntut kreatifitas anda dalam menyampaikan sebuah permohonan maaf. Misalnya menngunakan sebuah media lain yang diluar dari prediksi Dia. Carilah tempat yang nyaman untuk bertemu. Lihat kondisi atau situasi saat menghubungi atau mengundang Dia utnuk bertemu maupun berbicara.

Sekian Tips dari saya untuk agan-agan yang berkunjung. Mudah-mudahan dapat membantu agan-agan dan memberikan sedikit inspirasi. Atas kekurangan dan ketidaknyamanannya, mohon dimaafkan...

Poskan Komentar